Kamis, 11 April 2013

Makanan Khas Kediri

1. Tahu
Tahu Kuning Kediri

Kediri memang dijuluki sebagai “kota tahu”. Hal ini dikarenakan banyaknya produsen tahu di kediri baik berupa tahu putih biasa sampai tahu kuning. Tahu yang paling terkenal di kediri adalah Tahu Lym dan Tahu Pong. Kedua jenis tahu ini sangat gurih dan nikmat sehingga sangat digemari oleh masyarakat kediri maupun bagi para pengunjung yang ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga di luar kota.


2. Gethuk Pisang

Gethuk pisang merupakan salah satu makanan khas kota Kediri yang sangat lezat. Berbeda dengan gethuk pisang di kota lain, gethuk pisang kediri dibungkus menggunakan daun pisang yang bertujuan menjaga aroma dan kelezatan. Harganya relatif murah yaitu Rp 2.500-Rp 5.000 tergantung ukurannya. Jika anda mampir di Kediri, anda dapat membelinya di jalan Pattimura, jalan Yos Sudarso, kios sekitar alun-alun dan di sekitar stasiun KA.

3. Sate Kreco Kediri

Kreco Khas KediriJika anda di Kediri, jangan pernah lewatkan untuk menyantap sate kreco khas Kediri. Kreco adalah sejenis siput yang hidup di sawah. Selain lezat, sate kreco juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Biasanya sate kreco dijajakan keliling kampung dengan menggunakan sepeda.

4. Sambal Tumpang

Sambal tumpang terbuat dari tempe yang telah busuk atau tempe bosok dan dimasak di campur dengan aneka bumbu seperti cabe, garam, bawang dan bumbu dapur lainnya. Cara penyajiannya yaitu nasi yang diberi lalapan kemudian disiram sambal tumpang dengan lauk tahu/tempe.

5. Kerupuk Padang Pasir

Merupakan jenis kerupuk yang digoreng menggunakan pasir dan dikenal sangat gurih. Banyak dijumpai di sekitar alun-alun kediri dan di daerah Bulusari-Tarokan.

6. Kuliner Sate Hiu

Blitar, kstv.co.id – Meski Mengaku Kesulitan Mendapatkan Stok Bahan Namun Warga Blitar Ini Tetap Yakin Bahwa Usaha Yang Baru Dirintisnya Beberapa Bulan Yang Lalu Berupa Usaha Sate Hiu Akan Membuahkan Hasil Yang Besar Hal Ini Dikarenakan Para Pecinta Kuliner Mulai Banyak Yang Melirik Usahannya Yang Terbilang Banyak Mengandung Manfaat Bagi Kesehatan.

7. Sambal Pecel

Blitar, kstv.co.id – Akibat mahalnya harga cabe yang saat ini mencapai 70 ribu rupiah per kilogramnya,  membuat para produsen sambal pecel di Kota Blitar menaikkan tarif penjualannya. Ini dilakukan guna menghindari kebangkrutan, sekaligus menjaga mutu sambal pecel yang selama ini sudah terlanjur dikenal oleh masyarakat atau konsumen.

8. Menu Variatif

Kediri, kstv.co.id – Demi memanjakan pelanggan dan mengugah keinginan masyarakat untuk berkunjung serta menikmati menu makanan di Hotel Insumo Palace, Jalan Urip Sumoharjo Kota Kediri, belasan menu makanan dengan harga terjangkau disajikan secara tradisional dan mewah di Restoran Insumo Palace.

9. Es Pleret Khas Blitar

Blitar, kstv.co.id – Kalau di Keraton Solo ada pusaka bernama Tombak Kyai Pleret, namun di Blitar terdapat minuman khas Blitar yakni es pleret. Selain rasanya yang enak dan gurih, harganya juga sangat murah.

10. Kuliner Ikan Asap Bakar

Blitar, kstv.co.id – Saat perayaan tahun baru kemarin, sejumlah pedagang ikan bakar pantai mengaku kebanjiran rejeki. Sambil menikmati keindahan alam pantai Blitar Selatan, pengunjung dapat menikmati ikan bakar asap yang baru saja didapat oleh para nelayan dan tergolong murah meriah.

11. Nasi Goreng Tiwul

Trenggalek, kstv.co.id – Bosan dengan menu buka dan sahur yang hanya itu-itu saja. Anda barangkali patut mencoba menu satu ini, nasi tiwul goreng khas Trenggalek. Sebagai makanan tradisional khas warga yang mulai sulit ditemukan, kini sebuah warung menyediakannya sebagai menu favorit, saat berbuka puasa maupun untuk makan sahur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar